Bisakah Minyak Pohon Teh Mengobati Eksim?

Bisakah Minyak Pohon Teh Mengobati Eksim? – Minyak pohon teh seringkali digunakan dalam dunia estetika dan kecantikan kulit. Selain itu jenis minyak ini juga dimanfaatkan untuk keperluan pengobatan, termasuk penyembuhan luka dan masalah eksim pada kulit.

Bisakah Minyak Pohon Teh Mengobati Eksim?

Saat ini, orang menggunakan minyak pohon teh untuk mengobati berbagai gangguan kulit. Seperti kulit kering dan kusam serta penyakit eksim. Pada artikel ini, pelajari lebih lanjut tentang efek penggunaan minyak pohon teh pada kulit.

Manfaat minyak pohon teh untuk eksim
Meskipun ada beberapa studi khusus pada minyak pohon teh sebagai pengobatan eksim, para peneliti tahu cukup banyak tentang sifat penambah kulitnya.

Sebagai contoh, sebuah studi 2011 menemukan bahwa minyak pohon teh lebih efektif dalam mengobati eksim daripada pengobatan topikal seng oksida atau ichthammol.

Manfaat potensial lain dari minyak pohon teh untuk eksim meliputi:

1. Mengurangi peradangan

Minyak pohon teh mengandung senyawa terpinen-4-ol. Senyawa ini memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat membantu meringankan beberapa kemerahan, iritasi, dan pembengkakan yang terkait dengan eksim.

2. Penyembuhan luka

Menurut sebuah artikel dalam The Journal of Alternative dan Complementary Medicine, minyak pohon teh mengurangi waktu penyembuhan bagi orang dengan luka yang terinfeksi Staphylococcus aureus.

Namun, penelitian eksperimental itu kecil, sehingga penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menguji kemampuan penyembuhan luka minyak pohon teh.

3. Mengurangi reaksi alergi

Satu studi menemukan bahwa aplikasi minyak pohon teh dosis tinggi membantu mengurangi reaksi hipersensitivitas kulit terhadap nikel pada orang dengan alergi nikel.

Eksim kadang-kadang dipicu atau diperparah oleh alergen dan iritasi kulit, seperti nikel.

Namun, aplikasi yang mengandung minyak pohon teh dosis rendah tidak memberikan hasil yang sama.

Penggunaan minyak pohon teh dengan dosis berlebih dapat menghasilkan efek samping yang tentunya tidak diinginkan, terutama pada orang dengan kulit sensitif. Seseorang harus menguji persiapan pada tambalan kecil dari kulit sebelum diterapkan ke area yang lebih besar. Orang yang peka terhadap minyak pohon teh dapat mengencerkannya dalam minyak pembawa.

4. Memerangi virus

Minyak pohon teh tidak hanya dapat membantu membunuh bakteri yang tidak diinginkan, walau sebenarnya memiliki sifat antivirus.

Perawatan antivirus, seperti dengan memanfaatkan minyak pohon teh, dapat mengurangi kemungkinan infeksi berkembang jika eksim menyebabkan kulit rusak atau menangis.

5. Mengurangi ketombe

Minyak pohon teh memiliki sifat antijamur, yang dapat membantu mengurangi aktivitas ragi tertentu, seperti yang diketahui menyebabkan ketombe atau dermatitis seboroik.

Orang-orang juga menggunakan minyak pohon teh untuk mengobati jamur kaki dan kuku atlet.

6. Menghilangkan gatal

Kulit gatal adalah ciri eksim. Satu ulasan menemukan bahwa minyak pohon teh efektif dalam mengurangi rasa gatal ketika digunakan untuk eksim pada kulit kepala.

Jika masalah kulit seperti eksim tidak kunjung sembuh dan bahkan cenderung semakin parah, Anda dapat pergi ke dokter kulit untuk berkonsultasi dan melakukan perawatan secara medis.

Berdasarkan uraian di atas, Ada dapat menyimpulkan tentang jawaban dari Bisakah Minyak Pohon Teh Mengobati Eksim?. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply