Cara Menghitung Modal Untuk Membuka Depot Air Minum Biru

Usaha Depot Air Minum Biru saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat. Selain tidak memakan banyak tempat, usaha ini juga tidak menghabiskan banyak biaya. Tentunya dalam membuka sebuah usaha, modal usaha merupakan hal yang perlu diperhatikan. Karena jika kita salah melakukan perhitungan mengenai modal usaha, hal tersebut dapat berdampak pada berhasil atau tidaknya usaha yang akan dijalankan. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara menghitung modal untuk usaha depot air minum biru, supaya nantinya usaha depot air minum biru anda dapat berjalan dengan lancar. Simaklah penjelasannya berikut ini.

Cara Menghitung Modal Usaha Depot Air Minum Biru

depot air minum biru

Salah satu kelebihan dari usaha depot air minum biru adalah modalnya yang sangat bervariasi, jadi anda dapat menyesuaikan skala usaha yang anda inginkan dengan modal yang anda miliki. Dalam menghitung modal yang harus dikeluarkan, terdapat beberapa komponen yang harus anda perhitungkan dalam memperkirakan modal yang harus anda keluarkan untuk usaha depot air minum biru. Komponen – komponen tersebut diantaranya :

1. Mesin Depot Air Minum Biru

Dalam membuka usaha depot air minum biru, mesin yang digunakan merupakan komponen utama yang harus anda perhatikan. Mesin ini akan digunakan untuk mengolah air mentah atau air baku menjadi air bersih yang layak diminum atau dikonsumsi. Oleh karena itu, kualitas mesin menjadi hal penting ketika anda akan membelinya.

Perkiraan modal yang harus anda keluarkan untuk membeli mesin ini adalah sekitar 10 – 30 juta per unit. Harga tersebut merupakan harga umum yang biasanya ada di pasaran. Namun, ada juga mesin yang harganya jauh lebih mahal sekitar 80 juta dengan kualitas dan kapasitas yang tentunya jauh lebih besar. Rentang harga yang sangat jauh ini terjadi karena perbedaan yang signifikan pada spesifikasi mesin, kualitas mesin, dan juga jenis teknologi yang digunakan.

2. Tempat Untuk Membuka Usaha

Komponen berikutnya yang harus anda perhatikan setelah mesin depot air minum biru adalah tempat yang akan anda gunakan untuk membuka usaha ini. Biaya ini dapat anda perhitungkan atau tidak tergantung dari anda membuka usaha ini di rumah atau menyewa tempat untuk usaha depot air minum biru ini.

Luas ruangan yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini minimal sebesar 4 X 7 meter. Apabila dirumah anda tersedia ruangan dengan luas tersebut, misalnya saja di garasi, halaman rumah, atau ruang depan rumah, anda dapat memanfaatkannya untuk membuka usaha ini. Sebaliknya, jika anda tidak memiliki ruang kosong di rumah anda, anda mau tidak mau harus menyewa tempat lain. Besarnya harga sewa tempat dengan ukuran luas tersebut tentunya bervariasi di setiap daerah. Sebagai gambaran, anda dapat menyiapkan uang sekitar 10 – 20 juta untuk biaya sewa tempat dalam setahun.

3. Kendaraan Yang Digunakan Untuk Mengantar Pesanan

Layanan antar jemput menjadi hal yang mutlak dalam membuka usaha depot air minum biru. Untuk kebutuhan tersebut, anda perlu menyiapkan setidaknya satu unit sepeda motor untuk dapat menjangkau tempat – tempat jauh dengan lebih cepat. Selain itu, sepeda motor juga dapat mengakses rumah yang terletak di dalam gang – gang kecil. Apabila anda sudah memiliki sepeda motor, anda dapat memanfaatkannya untuk usaha ini. Jika tidak, anda tentunya harus membelinya. Apabila kondisi keuangan anda tidak memungkinkan, anda dapat membeli sepeda motor bekas dengan kisaran harga 5 – 10 juta.

Itulah 3 komponen yang perlu anda perhatikan dalam melakukan perhitungan modal untuk usaha depot air minum biru. Apabila diambil angka minimal, modal yang anda perlukan untuk membuka usaha ini adalah sekitar 25 juta. Selain itu, perlu anda ingat bahwa harga tersebut belum termasuk biaya operasional yang sebaiknya anda cadangkan untuk 3 bulan pertama usaha anda. 

Leave a Reply