Fakta dasar tentang pramuka

Kita sudah mengenal pramuka sejak dini bukan? mulai dari sekolah dasar hingga sekarang, di Indonesia pramuka dijadikan kegiatan wajib di sekolah. Kegiatan pramuka sungguh bermanfaat untuk kita, melatih dan membentuk watak kita, dan banyak lagi nilai-nilai positif nya. Nah yang akan kita bahas di artikel ini adalah fakta fakta menarik tentang pramuka, apakah anda tahu beberapa fakta menarik yang akan dibahas dibawah ini???

Pramuka pertama kali diperkenalkan di Inggris

Organisasi Pramuka dipelopori oleh seseorang tentara Inggris bernama Robert Stephenson Smyth Baden- Powell. Lewat bukunya yang bertajuk Scouting for Boys, Baden- Powell menuliskan pengalamannya dikala berkemah di Brownsea Island dengan kanak- kanak tetangganya pada bulan Agustus 1907. Novel yang menggambarkan tentang ekspedisi berkemah tersebut dikira bagaikan dini dari organisasi serta aktivitas Pramuka ataupun kepanduan di segala dunia.

Indonesia memahami Pramuka dari Belanda

Di Indonesia, Pramuka awal kali diperkenalkan oleh bangsa Belanda pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Pada waktu itu, aktivitas kepanduan tersebut bernama Padvinder yang tersebar di sebagian daerah. Organisasi Padvinder yang dibagi pada sebagian daerah antara lain Javasche Padvinderij Organisatie ataupun JPO, NATIPIJ, serta NIPV. Pada pertumbuhan berikutnya, nama organisasi tersebut berganti jadi Pandu.

Asal-usul nama Pramuka

Nama Pramuka buat organisasi kepanduan di Indonesia mulai ditetapkan pada bertepatan pada 14 Agustus 1961. Banyak yang berpikiran kalau nama Pramuka ialah singkatan dari Praja Muda Karana. Tetapi, sesungguhnya kata Pramuka awal kali diperkenalkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada tahun 1950- an. Kata Pramuka diambil dari kata poromuko yang berarti prajurit yang terdepan dalam sesuatu peperangan.

Asal mula sebutan Praja Muda Karana

Saat sebelum organisasi Pramuka ditetapkan, salah satu aktivitas kepanduan di Indonesia merupakan Pionir Muda yang dipelopori oleh Menteri Prijono. Dalam proses pergantian nama, supaya Pramuka dikira sama dengan Pionir Muda, hingga diciptakanlah sebutan Praja Muda Karana. Sebutan yang mempunyai makna masyarakat Negeri muda yang bekerja ini awal kali diperkenalkan oleh Soemartini.

Jambore pertama

Jamboree awal di dunia diadakan pada tahun 1920 di Inggris serta diiringi oleh 8. 000 partisipan dari 34 negeri di dunia. Negeri di Asia yang menjajaki Jambore awal tersebut antara lain merupakan Malaysia, India, Jepang, serta Tiongkok. Di Jambore awal inilah Baden- Powell ditetapkan jadi pelopor aktivitas kepanduan di dunia, ataupun bergelar bagaikan Ayah Pramuka Dunia.

Indonesia mempunyai partisipan Pramuka paling banyak di dunia

Indonesia ialah negeri dengan jumlah partisipan organisasi kepanduan paling banyak di dunia. Anggota Pramuka Indonesia pada tahun 2010 menggapai angka 17 juta, ataupun dekat 7, 2% dari total partisipan aktivitas kepanduan di dunia. Negeri dengan partisipan Pramuka paling banyak kedua merupakan USA dengan jumlah partisipan 7, 5 juta serta India dengan jumlah partisipan 4 juta.

Lebih dari 200 negeri mempunyai Pramuka

Jumlah negeri di dunia yang mempunyai aktivitas semacam Pramuka merupakan dekat 216 negeri. Di tahun 2010, total jumlah anggota Pramuka terdaftar di dunia menggapai 32 juta serta pada tahun 2006, jumlah Pembina Pramuka terdaftar di dunia menggapai 10 juta orang. Di antara lain seluruh negeri di dunia, cuma terdapat 5 negeri yang tidak mempunyai aktivitas Pramuka, ialah Korea Utara, Tiongkok, Laos, Kuba, serta Andora.

Untuk mencari atribut pramuka dan baju pramuka lengkap kami rekomendasikan Anda untuk mendatangi situs distropramuka.com

Leave a Reply