Bagaimana Praktik Hadist Tentang Ikhlas

hadist tentang ikhlas

Kata ikhlas sudah sangat familiar di telinga kita, karena ikhlas yang kita umum ketahui adalah kita melakukan sukarela tanpa meminta imbalan apapun, tapi adakah di dalam kata kata itu kalimat ikhlas karena ALLAH Azza Wajalla?.

Jarang kita dengar, padahal maksud hadist tentang ikhlas adalah melakukan amal ibadah apapun bentuknya, mau sholat, mau puasa, mau berbuat baik dengan sesama kita niatkan untuk mencari ridho ALLAH Azza Wajalla, bukan untuk yang lainnya.

Yang salah kaprah di kita adalah seperti pengertian pertama, dan dampaknya, tatkala ada yang kena pungli dan yang melakukan pungli berkata kepada korban, “Apakah kamu ikhlas memberikan uang ini?”, padahal ini jelas jelas perbuatan haram, tapi masih mengatakan ikhlas.

Sekarang dalam postingan kali ini kita akan berbicara tentang implementasi hadist tentang ikhlas di kehidupan sehari-hari, bagaimana caranya dan apa yang harus kita lakukan agar amal yang kita lakukan ikhlas karena ALLAH Subhana Hu Wataala.

Menerapkan Hadist Tentang Ikhlas DiKehidupan Kita

Hal yang harus kita ingat dan perhatikan adalah, niat karena atau untuk ALLAH semata, tanpa ada embel embelnya, baik itu ingin di puji, ingin mendapatkan dunia atau ingin mendapatkan wanita yang di cintainya, harus benar benar murni Lilahi Taala.

Jadi sebelum melakukan amal apapun pertama yang harus kita ingat adalah niat karena ALLAH, garis bawahi kata NIAT KARENA ALLAH, niat disini tidak harus di lafalkan tapi cukup dalam hati saja.

Lalu ingat tentang keutamaan dari ikhlas ini, keutamaan dari ikhlas ini yang paling besar adalah di terimanya amalan kita, yang akan mendapatkan pahala untuk bekal kita nanti di akhirat, keutamaan apa yang lebih besar dari di terimanya amal ini, karena kita nanti di akhirat akan sangat butuh dengan pahala dari amal kita yang di terima oleh ALLAH.

Agar Ikhlas Sembunyikan Amalan

Sembunyikan amalan, jangan suka pamer atau riya, kalau bisa semua amalan jangan di tampakan, kecuali amalan yang memang mengharuskan atau tidak bisa di hindari untuk di ketahui manusia, seperti sholat wajib ke masjid,mendatangi majelis imu, sholat jumat dan lain lain.

Tapi kalau untuk amalan seperti sholat sunnah, puasa, sedekah, sebaiknya kita rahasiakan walaupun kepada orang terdekat kita, misal istri kita, anak kita ataupun bawahan kita.

Berdoa Agar Di Berikan Keikhlasan

Yang terakhir adalah kita banyak berdoa kepada ALLAH AZZA WA JALLA agar di berikan kekuatan dan senantiasa di berikan hati yang ikhlas, karena yang maha membulak balikan hati adalah ALLAH, jadi dengan berdoa dan meminta kepadanya insya ALLAH kita akan mudah untuk meraih keikhlasan.

Demikianlah cara agar kita ikhlas dalam beramal dan cara termudah untuk menerapkan hadist ikhlas dalam kehidupan kita sehari-hari, semoga tulisan singkat ini bermanfaat.

Sumber: penaungu.com

Leave a Reply