Hukum Sunat dengan Laser

Akhir-akhir ini banyak orang menanyakan hukum sunat dengan laser. Sebagian ahli ilmu mengharamkannya, sebagian yang lain membolehkan. Lalu,Bagaimana sebenarnya Islam menghukumi masalah ini?

Pengertian Laser

Menurut para ahli, Laser atau Light Amplification By Stimulated Emission of Radiation merupakan alat yang menggunakan efek kuantum untuk bisa menghasilkan sebuah cahaya. Yang mana cahaya ini di kontrol dari kemurniannya, ukuran, dan bentuknya.

Sederhanyanya, laser adalah sinar panas yang dihasilkan oleh loncatan atom akibat stimulasi energi dari radiasi listrik.

Cahaya panas ini bisa digunakan untuk memotong kulit dan jaringan, menghancurkan pigmen warna kulit, dan pengobatan lainnya dalam dunia kedokteran dengan resiko pendarahan minimal dan waktu penyembuhan cepat.

Bagaimana dengan tehnologi laser dalam sunat? Menurut para ahli, sebenarnya layanan sunat laser yang banyak tidak menggunakan alat operasi laser, tetapi hanya menggunakan alat pemotong listrik bertegangan tinggi (seperti solder) atau dalam istilah medis dinamakan Elektrocautery,yang kemudian dipahami secara keliru sebagai sunat laser.

Adapun media panas yang digunakan untuk memotong jaringan kulup bukanlah panas dari cahaya, tapi panas yang berasal dari elemen logam. Alat seperti ini digolongkan sebagai Low Frequent Electro Cauter (LFEC) dan tidak memiliki standarisasi keamanan secara medis, bahkan cara kerjanya mirip seperti setrika.

Oleh karena itu, para ahli ilmu banyak yang mengharamkan cara seperti ini untuk Sunat, entah itu anak, maupun dewasa. Tapi anda tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini di Sunat modern Gresik, Rumah Sunat Surabaya, dan Rumah Sunat Lamongan sudah menggunakan metode terbaru.

Yang mana metode-metode ini tidak akan menghasilkan rasa sakit ketika proses sunat dilakukan. Salah satu metode yang digunakan adalah klem. Jadi ini sangat cocok bagi anak anda, bayi anda yang tidak ingin melihat mereka kesakitan. Salah satu keunggulannya juga adalah bisa langsung menggunakan celana setelah disunat.

Anak anda juga bisa langsung keluar bermain seperti biasanya, berenang juga bisa tanpa adanya rasa takut atau jahitan terlepas.

Leave a Reply