Istilah Penting Dalam Dunia Printing Tekstil yang Perlu Kamu Tau

Dalam industri percetakan misalnya seperti jasa print kain mereka memiliki istilah-istilah untuk mempermudah penyebutan sesuatu. Istilah-istilah tersebut terkadang perlu kamu ketahui agar bisa memahami hal-hal penting yang disampaikan oleh costumer service agar tidak terjadi kebingungan atau kesalah pahaman dalam proses pemesanan.

Bagi kamu yang sudah lama bergelut dalam dunia percetakan tentunya sudah lama tahu bahasa-bahasa atau istilah berikut yang sering dipakai dalam dunia percetakan, bagi kamu yang belum tau jangan sepelekan istilah berikut. Dengan begitu kamu bisa memahami apa yang dijelaskan pada website atau yang ditanyakan oleh customer service ketika kamu melakukan pemesanan.

  • CMYK

Istilah ini sering digunakan dalam hal desain, karena istilah ini merupakan singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow dan Black yang merupakan 4 warna dasar yang sering digunakan dalam dunia percetakan. Keempat warna ini biasanya bisa kamu temui pada catridge printer yang ada dirumah atau dikantor, itulah warna yang disingkat dengan sebutan CMYK. Warna ini berperan penting dalam memberikan hasil warna yang luas pada proses pencetakan, sehingga printer dapat menghasilkan warna yang sesuai dengan desain yang diberikan.

Bagi kamu yang ingin memberikan desain gambar terlebih lagi gambar vektor penting adanya untuk menggunakan format warna ini ketika ingin mengirimkannya sebagai desain untuk print kain, agar warna sesuai dengan desain yang kamu buat ketika dicetak pada kain.

  • Bleed

Istilah satu ini memiliki arti yakni area yang berada diluar garis potong pada printer, yang artinya jika desain atau gambar yang kamu buat memiliki tidak memiliki bleed maka otomatis gambar yang kamu buat akan terpotong ketika proses pencetakan nanti. Bleed yang ada pada industri percetakan juga terkadang berbeda-beda oleh karena itu penting untuk menanyakan hal ini agar kamu bisa membuat desain yang sesuai agar dapat tercetak tanpa harus terpotong.

  • DPI

Istilah berikutnya yang juga sering digunakan pada jasa print kain atau digital printing yaitu, DPI yang merupakan singkatan dari Dot Per Inch yang gunanya untuk menunjukan kualitas cetak yang anda dapatkan. Semakin tinggi kualitas DPI akan membuat hasil gambar atau desain yang tercetak pada media akan semakin jelas, begitu pula sebaliknya.

  • Warna Duoton dan Monoton

Istilah dalam pewarnaan sendiri ada banyak, khsusnya dalam dunia percetakan salah satunya yakni istilah Duotone dan juga Monoton yang mungkin sudah dapat kamu artikan yakni Duo yang artinya dua atau lebih dan Mono yang artinya tunggal atau satu. Dalam industri percetakan istilah Duotone artinya mencetak warna selain hitam putih dan Monotone artinya mencetak warna hitam putih.

Itulah beberapa istilah dalam industri percetakan yang perlu kamu tahu salah satunya yakni pada jasa print kain, karena dengan istilah-istilah tersebut tentunya dapat memudahkan proses interaksi, oleh karena itu penting adanya untuk memahami dan mengetahuinya.

Teknologi digital printing pada jasa print kain bisa kamu gunakan untuk mencetak berbagai jenis desain yang kamu buat atau inginkan pada media kain, dengan begitu kamu bisa membuat berbagai produk tekstil dengan tampilan yang lebih menarik yakni dengan adanya detail desain yang kamu berikan. Semakin cocok desain yang kamu buat dengan produk tentu akan membuat produk menjadi lebih menarik dan bahkan meningkatkan nilai jual produk tersebut, oleh karena itu penting adanya untuk memperhatikan desain yang kamu berikan.

Leave a Reply