Kelebihan dan Kekurangan Mobil Kabin Ganda Bagi Harian

Memilih kendaraan untuk pekerjaan sehari-hari, seringkali tergantung dari keperluannya. Ada yang memilih jenis MPV atau SUV sebab kapasitas dan tampilannya, tetapi ada pun sebagian kecil yang memilih double cabin atau dcab.

Dcab familiar sebagai kendaraan niaga yang biasa dipakai pada lokasi tambang atau perkebunan.

Hal ini dikarenakan keterampilan melibas medan yang lumayan berat namun dapat memuat sejumlah orang dan dapat membawa barang yang besar.

Lalu andai menggunakan dcab untuk pekerjaan sehari-hari di perkotaan, apa saja keunggulan dan kekurangannya?

Echa Sumual, anggota dari komunitas DCab Id, mengatakan, salah satu kelebihan dari memakai dcab guna harian yakni multifungsi, dapat digunakan untuk pelbagai aktivitas.

“Dcab itu dapat dipakai ke mana saja, bikin ngeceng ke mall atau kafe, ke kantor, bawa barang yang tidak sedikit juga bisa. Di samping itu, enak pun buat perjalanan jauh dan dapat melewati rintangan offroad yang enteng sampai sedang tanpa modifikasi berat,” kata Echa.

Echa pun menjelaskan, hal bahan bakar pun sangat bersahabat di kantong. Dcab diesel tahun tua lumayan diisi dengan bio solar, sementara yang canggih dengan teknologi commonrail dapat pakai dexlite atau dex namun tetap irit.

“Perawatannya juga terbilang gampang, lumayan dengan rajin ganti oli inilah filternya dan pun mengubah filter udara secara rutin,” ucap Echa.

Di samping itu, tenaga yang dipunyai oleh mesin diesel commonrail paling enak untuk digunakan harian. Kemudian untuk pencinta kecepatan, gampang sekali guna upgrade mesin supaya mendapatkan tenaga yang lebih banyak lagi.

“Dcab pun membuat lebih percaya diri guna melibas jalan jelek dan banjir sebab mempunyai ground clearance yang tinggi. Di samping itu, dapat juga dipakai sebagai kendaraan rescue ke tempat bekas bencana yang sulit dicapai karena keterampilan 4X4 nya,” kata dia.

Dibalik kelebihan tadi, ada pun kekurangan dari dcab bila dipakai harian. Pertama ukurannya yang lumayan besar. Butuh adaptasi dengan dimensi dcab, lagipula saat melalui jalan yang sempit atau ketika parkir.

“Kekurangan selanjutnya yakni jok baris dua-duanya kurang nyaman bila dikomparasikan dengan MPV atau SUV lain. Ruang yang terbatas menciptakan jok baris kedua tidak cukup ergonomis. Tetapi sejumlah model terbaru, lokasi jok belakangnya sudah lumayan nyaman dan lega,” ujarnya.

Sumber : http://chilp.it/cfc8a7f

Leave a Reply