Megahnya Masjid Agung Tasikmalaya

Masjid Agung Tasikmalaya terletak di pusat kota Tasikmalaya. Adalah sebuah masjid yang dibangun di atas tanah seluas 7.215 meter persegi, sedangkan luas 2.456 meter persegi adalah luas bangunan masjid itu sendiri. Masjid Agung Tasikmalaya memiliki gaya arsitektur kontemporer.

Di bawah pemerintahan Raden Tumenggung Atmadja Soeria Masjid Agung Tasikmalaya didirikan. Pada saat itu, Raden Tumenggung Atmadja Soeria menjabat sebagai Bupati Sumedang. Masjid Agung Kota Tasikmalaya menyelesaikan pembangunan pada tahun 1888 AD atau 1307 Hijriah. Tujuan didirikannya pusat kegiatan Islamisasi dan Patih Tasikmalaya Soekma Amidjaja Penghulu Raden Raden Aji Aboebakar dianugerahi Masjid Agung Tasikmalaya. Sebelum bangunan direnovasi Masjid Agung Tasikmalaya, seperti pembangunan Masjid Agung Demak.

Beberapa renovasi untuk mempertahankan masjid. Pada tahun 2002, renovasi dengan mengubah bentuk masjid sebagai masjid terlihat saat ini, yang dipimpin oleh Bupati Suryana WH. Perubahan masjid menghabiskan $ 7,9 miliar. Kemudian Masjid Agung Tasikmalaya diresmikan oleh Wakil Presiden Hamzah Haz pada waktu itu.

Pada desain masjid ada makna filosofis Islam, seperti lima milik Masjid Agung Tasikmalaya tap-lima doa kewajiban yang signifikan sekali sehari. Rata-rata arah lain adalah simbol dari lima rukun nomor Islam. Kemudian empat menara sebagai simbol bahwa tingkat kesempurnaan adalah ilmu ilmu bahasa Arab, hukum, sejarah, dan al-hikmah atau filsafat. Menara ini memiliki ketinggian 33 meter, yang juga berarti dzikrulloh Tasbih, Takbir dengan masing-masing tahmid dan 33 kali jumlah.

Selain menjadi tempat untuk doa harian, Majid Agung Tasikmalaya menjadi pusat Islam dalam studi Islam dan berbagai kegiatan Islam lainnya. Masjid indah ini adalah salah satu dari ikon pariwisata sebagai warisan masa lalu masih berdiri dan megah. Rasakan pengalaman melakukan sholat di masjid ini, maka ketika jam digital masjid jadwal sholat tiba bisa segerakan sholat di tempat ini ketika anda sedang berada di Tasikmalaya.

Masjid ini pernah memenangkan penghargaan untuk prestasi dalam hal pemberdayaan masyarakat untuk salah satu dari mereka oleh koperasi yang didirikan. Dengan jemaat kegiatan pemberdayaan sosial ekonomi dan masyarakat di sekitar kegiatan masjid tidak pernah kosong.

Leave a Reply