Rekomendasi Aplikasi Edit Suara di Android

Zaman kian berkembang, tidak terkecuali untuk sektor teknologi. Dulu, mayoritas kegiatan, mulai dari pekerjaan komputasi hingga game hiburan yang ada, hanya dapat dilakukan secara maksimal melalui komputer desktop saja. Namun, kini kita semua dapat merasakan perubahannya, segala sesuatu hampir tersedia pada genggaman kita melalui smartphone yang canggih saat ini.

Salah satu kegiatan yang hanya bisa dilakukan menggunakan komputer, yaitu untuk melakukan editing suara. Baik itu untuk mengurangi noise, meningkatkan desible, pemberian efek, dan lainnya. Kini, semua hal tersebut bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat hanya dengan menggunakan aplikasi yang telah banyak tersedia, baik untuk Android maupun iOS.

Untuk itu, pada rubik kali ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi edit suara terbaik di android dengan fitur dan keunggulan masing-masing.  Check this out!

1. PocketBand

Diurutan pertama, ada aplikasi bernama PocketBand. Aplikasi ini memang dikenal dengan kemampuannya yang beragam. Adapun beragam fitur yang ditawarkan seperti kemampuan mixing dengan beragam efek yang tersedia, sound recorder secara langsung pada aplikasi, penambahan instrument suara, seperti penggunaan alat music drum dan gitar, serta terdapat 120 instrumen music lainnya yang siap digunakan.

Beragam filter suara juga tergolong lengkap pada aplikasi ini. Paling menariknya lagi, kamu dapat merasakan pengalaman yang lebih seru dengan tersedianya fitur komunitas. Dengan fitur ini kamu dapat melakukan sharing lagu atau music dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan kamu, serta kamu memungkinkan untuk melakukan aransemen terhadap lagu milik orang lain.

Bagi pengguna smartphone dengan spesifikasi yang rendah-sedang, tenang tak perlu khawatir. Karena, aplikasi PocketBand tergolong ringan, sehingga tetap nyaman untuk dijalankan.

2. Timbre

Selanjutnya, ada aplikasi bernama Timbre. Bagi editor mobile yang menggunakan smartphone untuk berkarya, tentunya sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Timbre merupakan aplikasi berbasis mobile dan tersedia secara gratis pada Google Play Store.

Meskipun gratis, menariknya fitur-fitur yang disediakan sangat beragam, alias tidak hanya sebatas pada edit suara saja. Bagi kamu yang hobi video grafi, aplikasi timbre juga dapat kamu manfaatkan. Tersedia beragam fitur, mulai dari cara menggabungkan video, memotong, convert, hingga cara kompres video atau mengecilkan ukuran file video tersedia di aplikasi ini.

3. Lexis Audio Editor

Sebagai aplikasi edit suara android, Lexis Audio Editor termasuk salah satu aplikasi yang memiliki tampilan menarik bagi penggunanya. Tidak hanya tampilan saja, kemampuan olah suaranya juga sangat menarik untuk dibahas.

Aplikasi besutan dari developer bernama Pamsys ini memiliki beragam kemampuan, mulai dari merekam dan memutar suara, melakukan trim atau pemotongan, penambahan suara, penambahan efek, pengurangan noise/noise reduction, melakukan mix dengan file suara lainnya, pilihan band equalizer yang beragam, hingga melakukan konversi jenis format audio, seperti mp3, wav, flac, m4a, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, untuk dapat menggunakan keseluruhan fitur di atas, kamu harus membayar agar bisa menikmati fitur-fitur premium yang ada. Akan tetapi, untuk fitur-fitur dasar, kamu tetap bisa menggunakannya secara gratis, kok!

Kabar baik lainnya, berdasarkan referensi dari situs Teknolagi, Pamsys Developer telah menginfokan bahwa penggunanya dapat menggunakan versi trial dalam waktu tertentu dan dapat menggunakan seluruh fitur premium secara keseluruhan, mulai dari menyimpan audio dalam format wav, m4a, aac, flac, dan wma. Jadi, jika selama pemakaian trial dirasa cocok, tidak ada salahnya untuk mencoba upgrade ke premium.

Di atas merupakan 3 aplikasi yang kami rekomendasikan untuk mengolah suara melalui hp smartphone android milik kamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply