Rumah Sakit Sari Asih Serang: Penyebab Paru-paru Basah dan Pencegahannya

Bisa bernapas dengan baik merupakan suatu anugerah yang patut untuk disyukuri. Karena tak jarang beberapa orang mengalami gangguan pada salah satu fungsi pernafasannya dan untuk bernapas menjadi kurang nyaman. Paru-paru basah merupakan salah satu gangguan pernapasan yang sering terjadi pada beberapa orang. Kondisi ini terjadi karena adanya infeksi akut pada paru-paru yang dipicu oleh bakteri, virus, dan jamur. Dalam dunia medis, paru-paru basah sering juga disebut dengan istilah efusi pleura atau juga pneumonia. Penyakit paru-paru basah merupakan penyakit berbahaya, sehingga perlu ditangani dengan baik agar tidak berakibat fatal. Memeriksakan diri ke rumah sakit yang memiliki pelayanan terkait kesehatan paru-paru, seperti Rumah Sakit Sari Asih Serang akan sangat membantu bagi kesembuhan pasien.

Pneumonia terjadi karena pada salah satu bagian paru-paru, baik sebelah kanan, kiri, atau bahkan keduanya mengalami infeksi dan peradangan. Infeksi dan radang ini membuat kantung-kantung udara (alveolus) terisi cairan dan tidak bisa berfungsi secara normal. Karena hal inilah penyakit dengan kondisi demikian disebut dengan nama paru-paru basah. Peradangan pada paru-paru basah seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, dan jamur atau parasit. Untuk kasus orang yang sehat, kuman-kuman penyakit tersebut seharusnya tidak bisa melewati pertahanan alami tubuh.

Jika sampai kuman-kuman penyakit berhasil masuk ke dalam paru-paru dan menginfeksi, maka kemungkinan besar yang terjadi adalah sistem kekebalan tubuh sedang lemah, kuman-kuman penyakit yang menyerang sangat kuat, atau karena tubuh gagal dalam menyaring kuman-kuman dari udara yang masuk ke dalam tubuh. Seseorang yang terkena penyakit paru-paru basah atau pneumonia biasanya akan menunjukkan gejala-gejala tertentu. Penting untuk Anda mengetahui gejala apa saja yang muncul pada penderita paru-paru basah agar jika hal yang tidak diinginkan terjadi pada Anda maupun orang terdekat, bisa segera melakukan tindakan pengobatan. Untuk gejala umum penyakit paru-paru basah, antara lain:

  • Batuk kering maupun batuk berdahak dengan cairan berwarna kuning, coklat, hijau, atau bahkan merah.
  • Merasa nyeri pada bagian dada dan semakin parah ketika sedang batuk.
  • Napas terasa sesak dan berat, bahkan saat sedang beristirahat.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Tubuh lemah tidak berenergi.
  • Mual, muntah, dan diare.
  • Jantung berdebar.

Selain beberapa gejala umum tersebut, ada beberapa gejala tambahan yang muncul sesuai dengan usia penderitanya, seperti:

  • Pada anak bayi, gejalanya berupa batuk yang tidak terlalu jelas, mudah menjadi rewel, sulit makan dan minum.
  • Pada balita, gejalanya berupa bernapas lebih cepat dan berbunyi atau mengi.
  • Pada orang dewasa, gejala tambahan yang dialami berupa lingsung, mudah mengantuk, hingga mengalami koma.

Saat mengetahui Anda atau mungkin orang terdekat mengalami beberapa gejala tersebut, sebaiknya untuk segera di periksakan ke rumah sakit dengan layanan kesehatan paru-paru, seperti Rumah Sakit Sari Asih Serang. Hal ini bertujuan agar segera mendapatkan perawatan yang terbaik demi kesembuhan dan agar penyakit tidak semakin parah. Meskipun paru-paru basah merupakan penyakit yang bisa disembuhkan. Namun ada baiknya tidak menyepelekan penyakit yang satu ini karena cukup berbahaya dan bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik. Agar terhindar dari penyakit kanker paru-paru basah, Anda bisa melakukan berbagai upaya pencegahan. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.
  2. Menghindari kebiasaan merokok karena dapat merusak kemampuan paru-paru dalam menyaring dan menyingkirkan kuman.
  3. Menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat dengan istirahat yang cukup, melakukan diet sehat, serta melakukan aktivitas fisik.
  4. Melakukan vaksinasi terhadap kuman pneumococcal pneumonia, haemophilus influenzae tipe b (Hib), dan influenza virus.

Leave a Reply