Terapis Wicara Dapat Membantu Anak Dengan Gangguan Bicara

Terapis wicara adalah profesional kesehatan yang terlatih untuk bekerja dengan siapa saja yang mengalami gangguan bicara, kesulitan berkomunikasi dan berbahasa.

Terapis Wicara Dapat Membantu Anak Dengan Gangguan Bicara

Contoh masalah yang dihadapi adalah:

  • bicara dan suara – misalnya, bermasalah menggabungkan suara dalam kata-kata
  • bahasa – misalnya, kesulitan memahami apa yang orang lain katakan atau kesulitan menggunakan kata-kata dan kalimat untuk mengekspresikan ide
  • literasi, termasuk membaca dan menulis
  • keterampilan sosial
  • gagap
  • gangguan suara seperti suara serak atau sesak napas.

Terapis wicara membantu orang menemukan cara terbaik untuk berkomunikasi untuk memenuhi kebutuhan mereka. Ini mungkin termasuk strategi untuk meningkatkan kejelasan atau kelancaran bicara, atau tanda-tanda, simbol, gerakan dan bentuk lain dari komunikasi yang dibantu.

Terapis wicara juga membantu orang yang kesulitan menelan makanan dan minuman.

Terapis wicara biasanya bekerja di taman kanak-kanak dan sekolah, rumah sakit, program intervensi awal, pusat kesehatan masyarakat, layanan kesehatan mental dan praktik pribadi.

Terapis wicara sering kali memiliki minat khusus dalam bidang kebutuhan kompleks seperti ketulian dan gangguan pendengaran, gangguan spektrum autisme (ASD), cerebral palsy atau cacat intelektual. Mereka mungkin bekerja dalam layanan intervensi spesialis untuk anak-anak penyandang cacat ini.

Terapis wicara bekerja secara tatap muka satu-per-satu dengan anak-anak dan juga dengan kelompok – misalnya, di kelas. Mereka sering menjadi bagian dari tim intervensi awal spesialis yang berbeda yang bekerja dengan anak-anak – misalnya, terapis okupasi, psikolog dan ahli diet.

Jika anak Anda memiliki masalah kesehatan atau perkembangan, profesional kesehatan seperti terapi wicara Jakarta hadir untuk merawat anak Anda dan membantu Anda memahami kondisi dan perawatan anak Anda. Dengan dukungan dan keahlian para profesional ini, Anda dapat membantu anak Anda berkembang.

Kapan Anak Anda Harus Menemui Terapis Wicara?

Anak Anda mungkin menemui terapis wicara jika ia memiliki masalah dengan komunikasi termasuk:

  • sulit dipahami oleh orang lain
  • sulit memahami apa yang orang katakan
  • frustrasi karena dia tidak bisa mengatakan apa yang ingin dia katakan atau tidak bisa dipahami oleh orang lain
  • suara serak yang sulit didengar
  • gagap

Terapis wicara akan menilai kekuatan dan kesulitan anak Anda untuk mencari cara terbaik untuk mengembangkan kemampuannya berkomunikasi.

Selama penilaian, terapis wicara akan berbicara dengan Anda tentang apa yang bermasalah dengan anak Anda. Terapis wicara juga akan bertanya tentang perkembangan anak Anda, termasuk riwayat kesehatan, dan apakah ada orang lain di keluarga Anda yang memiliki masalah bicara atau bahasa.

Baca Juga : Ibu Hamil Hindarkan Produk Perawatan Muka dengan 5 Kandungan Ini

Terapis wicara mungkin melihat seberapa baik anak Anda memahami instruksi dan pertanyaan. Terapis wicara juga dapat mendengarkan anak Anda berbicara untuk mendapatkan ide yang baik tentang kata-kata dan suara yang digunakan anak Anda.

Pertimbangan Sebelum Pergi ke Terapis Wicara

Ada beberapa hal yang perlu dipikirkan sebelum Anda mengunjungi ahli terapi bicara:

  • Mengapa anak Anda perlu menemui ahli terapi bicara. Anda mungkin ingin menuliskan segala kekhawatiran atau pertanyaan yang Anda miliki tentang pidato atau bahasa anak Anda, sehingga Anda siap untuk kunjungan Anda.
  • Berapa lama antrian sebelum Anda bisa membuat janji bertemu dengan terapis?
    Adakah yang bisa Anda lakukan saat menunggu janji – misalnya, bisakah anak Anda memulai pengobatan atau terapi?
  • Berapa biaya appointment? Terapis wicara dapat memberi tahu Anda apakah Anda bisa mendapatkan uang kembali dari asuransi kesehatan swasta atau BPJS, atau apakah Anda bisa mendapatkan bantuan keuangan jenis lain.
  • Cari tahu lokasi terapis wicara – misalnya, rumah sakit umum atau swasta, pusat kesehatan masyarakat atau ruang konsultasi. Anda mungkin harus melakukan perjalanan lebih jauh dari yang Anda harapkan, tergantung pada kebutuhan anak Anda. Apakah Anda lebih mudah ke klinik terapi wicara Jakarta atau harus ke klinik di kota lain?
  • Apakah terapis wicara memiliki sertifikat dan memenuhi syarat praktik profesional?

Anda mungkin ingin membicarakan hal-hal ini dan pertanyaan lain yang Anda miliki dengan dokter umum atau perawat kesehatan anak dan keluarga Anda sebelum pergi ke ahli terapi bicara. Anda juga bisa bertanya ke klinik untuk membuat janji temu.

Leave a Reply