Terapkan Sekarang, 8 Tips Mendesain Ruang Kerja Di Rumah Minimalis

ruang-kerja-1

Kerja, kerja, dan kerja.

Untuk sebagian orang mendengar kata seperti itu kadang bisa langsung menyurutkan semangat.Yah, tidak banyak orang yang merasa semangat untuk bekerja.Tapi, untuk orang yang cenderung malas bekerja pasti punya alasan yang rasional.

Misalnya saja malas pergi ke kantor karena harus terjebak macet atau bisa saja karena bosan dengan tampilan kantor yang itu-itu saja, maka dari itu tidak sedikit orang yang memilih untuk kerja di rumah.

Kerja di rumah juga harus dibuat senyaman mungkin, caranya? Dengan Mendesain ruang kerja kantor di rumah menjadi lebih menyenangkan lagi tentunya.

Soal langkahnya, itu bisa diatasi, sudah tersedia dibawah ini.

8 Tips Mendesain Ruang Kerja Di Rumah Minimalis

  • Pilih Lokasi Terbaik
memilih-ruangan

Jika ingin membuat ruang kerja di rumah, maka Anda harus pintar dalam memilih ruangan.Tentukan ruangan yang sedikit jauh dari keramaian rumah Anda dan memiliki view atau sangat mendukung jika ingin ditambah berbagai macam barang kerja Anda.

Saya sarankan pilihlah ruang kerja yang memiliki jendela yang lumayan besar di rumah Anda, lumayan untuk penerangan nantinya.Dan juga pastikan bahwa nantinya ruang kerja Anda ini juga bisa digunakan untuk tempat bersantai.

  • Pilih Konsep Desain Yang Menunjukkan Anda
konsep-desain-ruang-kerja

Anda harus menentukan konsep desain yang akan Anda angkat di ruang kerja Anda.Pilihlah konsep desain yang sangat menunjukkan Anda, misalnya Anda suka dengan hal-hal simple, maka Anda bisa mengangkat konsep desain modern simple.

Dan jika semisal Anda suka dengan hal yang anggun dan artistiknya tinggi, maka Anda bisa memilih konsep desain tradisional atau klasik.Yang pasti, pilihlah konsep yang nantinya dapat memberikan kenyamanan untuk Anda.

  • Ketepatan Pemilihan Furniture
furniture-ruang-kerja

Konsep desain sudah Anda pilih, maka sekarang tinggal memilih furniture kerja untuk ditempatkan di ruang kerja Anda.Sesuaikan furniture Anda dengan desain ruangan yang Anda pilih, agar nanti dapat memberikan efek serasi dan seimbang antara desain ruang dan furniture.

Jika Anda memiliki banyak barang yang ada akan ditempatkan di ruang kerja Anda, maka Anda bisa memilih furniture multifungsi agar dapat menyimpan barang Anda lebih banyak.Pemilihan setiap furniture harus diperhatikan dengan baik agar Anda bisa bekerja dengan nyaman.

  • Pengaturan Cahaya
pencahayaan-ruang

Di awal saya sudah singgung mengenai ruang kerja yang memiliki jendela besar, ini berfungsi agar cahaya yang masuk ke dalam ruang kerja Anda bisa lebih banyak lagi.Cahaya alami sangatlah bagus untuk penerangan saat bekerja.

Jika sekiranya Anda membutuhkan lampu untuk kerja lembur, agar tidak Nampak membosankan pilihlah lampu dengan model yang unik.Agar Anda bisa lebih bersemangat lagi saat lembur nanti.

  • Ciptakan Kesegaran
kesegaran

Kerja yang santai tentunya membutuhkan kesegaran.Anda bisa mendapatkan kesegaran dari view yang ada di luar rumah Anda melalui jendela, untuk itu kenapa saya sarankan untuk berhadapan dengan jendela.

Jika, cara itu kurang efektif Anda bisa menambahkan tanaman di ruang kerja Anda, karena memandang tanaman sangat bermanfaat untuk meningkatkan semangat saat bekerja.

  • Tambahan Dekorasi
tambah-dekorasi

Anda perlu yang namanya dekorasi untuk semakin membuat ruang kerja Anda nyaman dan tidak membosankan.Tambahkan beberapa dekorasi santai yang Anda sukai dan bisa menunjukkan itu diri Anda.

Dekorasi tersebut bisa berupa benda-benda yang berguna untuk penempatan barang-barang Anda, seperti rak dinding atau Anda juga bisa menambahkan sekat guna memisahkan ruang khusus kerja dengan ruang santai untuk Anda.

  • Bangun Kerapian dan Kebersihan
kebersihan-dan-kerapian

Yang terpenting adalah kerapian dan kebersihan, pastikan ruang kerja Anda selalu bersih dan rapi.Peletakan barang-barang harus teratur jangan sampai tercampur-campur.Anda pasti tidak ingin kebingungan jika nantinya berkas penting kerja dan berkas pribadi Anda tercampur-campur.

Dan juga, jaga selalu kebersihan dalam ruangan Anda, letakkan tempat sampah di bawah meja Anda.Bukan berarti karena Anda kerja di rumah Anda bisa bebas membuang benda kemana-mana.Benda-benda yang sekiranya tidak berguna untuk pekerjaan Anda atau tidak cocok untuk dijadikan pendekorasian maka tidak usah Anda masukkan kedalamnyaa.

  • Untuk Sendiri atau Bersama?
dengan-keluarga

Dalam satu anggota keluarga pasti juga punya pekerjaan yang harus dilakukan.Jadi tetapkan apakah Anda akan menggunakan ruang tersebut untuk bersama seluruh anggota keluarga Anda atau untuk diri Anda sendiri.

Jika bersama, Anda harus pintar-pintar dalam memilih benda-benda yang bisa Anda gunakan secara bersamaan untuk keluarga Anda.Contohnya saja lemari buku untuk penempatan buku-buku.

Jika ruang kerja Anda ingin juga Anda jadikan sebagai ruang santai para anggota keluarga, Anda bisa menambahkan beberapa furniture tambahan dengan model lesehan, seperti bean bag atau meja kopi chinoiserie yang masih mengandung unsur artistik dan elegan untuk kesantaian keluarga.

Beberapa tips simple di atas semoga bisa membantu Anda dalam menciptakan ruang kerja di rumah yang nyaman dan bisa membuat Anda lebih produktif lagi dalam bekerja.

Leave a Reply