Tips Memilih Produk untuk Dijual Secara Online

Pada saat ini, dengan tren bisnis e-commerce yang semakin berkembang di industri ritel, ada jutaan produk yang tersedia secara online. Diperkirakan bahwa pada 2019, penjualan e-commerce akan mencapai 13,7 persen dari semua penjualan ritel. Dan juga, piperkirakan bahwa akan ada 1,92 miliar pembelian online secara global pada 2019. Tren yang meningkat ini berarti peluang besar bagi calon pengusaha dan bisnis yang ingin mulai berjualan secara online.

Ketika Anda ingin membuka toko online Anda sendir, mempersempit apa yang ingin Anda jual secara strategis bisa sulit karena ada begitu banyak pilihan di luar sana. Oleh karena itu, dalam artikel ini terdapat beberapa tips memilih produk yang dapat Anda juga secara online, yang mana dapat Anda aplikasikan.

1. Anda harus bisa menemukan peluang

Pada umumnya, langkah pertama untuk menemukan produk pertama Anda untuk dijual secara online adalah menemukan peluang yang tepat. Menemukan peluang yang tepat di sebuah bisnis e-commerce dapat terlihat berbeda untuk banyak orang, tergantung pada tren pada saat itu, pengalaman dan permintaan pasar. Namun, terdapat beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membantu mengoptimalkan strategi produk Anda.

  • Menemukan tren pada bisnis e-commerce

Menemukan tren sejak awal dapat membantu bisnis online Anda menjadi sukses dengan tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga dalam meningkatkan SEO Anda pada istilah pencarian yang sedang tren. Untungnya, ada sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda meneliti dan menemukan tren yang berbeda.

  • Memanfaatkan Google Trends

Secara umum, Google Trends adalah tempat paling populer bagi orang untuk mulai meneliti tren online. Di sini, Anda dapat melihat apa yang sedang tren di dunia saat ini dan mencari istilah yang tepat. Jadi, jika Anda tertarik pada pasar produk tertentu, Anda dapat mencari istilah di sini untuk melihat apakah hal itu sedang menjadi tren. Anda juga dapat melihat tren berdasarkan wilayah tergantung pada area mana yang ingin Anda targetkan sehingga Anda dapat melihat apa yang dicari oleh banyak orang.

  • Membantu permasalahan pelanggan

Memecahkan masalah yang sedang dimiliki oleh pelanggan adalah peluang lain yang patut untuk diperhatikan. Strategi ini sangat menguntungkan karena konsumen akan secara aktif mencari solusi untuk masalah mereka. Masalah konsumen tidak harus rumit; solusinya bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti contohnya, seorang pelanggan berjenis kelamin pria kesulitan untuk mencari jam tangan untuk berenang, maka Anda sebagai pebisnis dapat menawarkan jam tangan pria anti air dengan berbagai jenis merek, seperti jam tangan Casio, Rolex, Daniel Wellington dan masih banyak lagi. Dengan mencari tahu titik permasalahan yang dihadapi oleh para konsumen, kemungkinan besar sejumlah orang memiliki keinginan untuk merespon, yang akan membuat produk Anda menarik bagi banyak orang yang dapat dipasarkan secara luas.

  • Menjelajahi marketplace yang ada

Marketplace adalah tempat utama di mana Anda dapat menemukan dan meneliti produk potensial untuk ditambahkan ke toko online Anda. Di Indonesia sendiri, Anda dapat mengunjungi beberapa marketplace untuk melakukan hal tersebut, seperti:

2. Menganalisa produk yang telah Anda tentukan

Sekarang setelah Anda menemukan produk yang Anda pikir ingin Anda jual secara online, Selanjutnya, Anda perlu menganalisisnya lebih lanjut berdasarkan beberapa faktor yang dapat memengaruhi daya jual yang dimiliki oleh produk tersebut, seperti:

  • Berat dan ukuran produk

Berat dan ukuran produk adalah komponen penting dalam membuat keputusan tentang apa yang akan dijual secara online karena produk yang lebih besar dan lebih berat mengarah pada peningkatan biaya pengiriman. Dengan menjaga produk Anda di bawah berat tertentu, Anda dapat menghindari biaya pengiriman yang tidak terduga dan konsekuensial yang dapat mempengaruhi keuntungan Anda.

  • Harga produk

Secara optimal, produk yang ingin Anda jual memiliki biaya yang rendah, karena itu mengarah pada produk yang lebih menguntungkan. Namun, Anda harus ingat bahwa barang dengan biaya grosir yang rendah dapat menyebabkan popularitas yang lebih tinggi di antara para pesaing. Jadi, bahkan sebuah produk dengan margin keuntungan yang lebih rendah mungkin lebih menguntungkan dalam jangka panjang karena Anda tidak bersaing dengan banyak pebisnis lain yang menjual produk tersebut.

  • Aspek kompetisi

Seperti yang disebutkan, persaingan dapat memiliki dampak signifikan pada keberhasilan bisnis Anda jika Anda tidak menyadarinya. Pastikan untuk memeriksa persaingan untuk produk Anda sebelum Anda membuat keputusan. Anda dapat melakukan ini melalui pencarian Google sederhana. Namun, hanya karena suatu produk memiliki persaingan yang lebih tinggi bukan berarti itu tidak dapat membuat bisnis Anda menguntungkan. Anda hanya perlu bekerja lebih keras dalam membedakan merek Anda dan menggunakan teknik pemasaran yang berbeda untuk memenangkan calon pelanggan potensial yang Anda terget.

  • Ketersediaan produk

Produk yang sangat laku secara online sering tidak memiliki ketersediaan di toko fisik, itulah sebabnya pelanggan akan mencari online untuk menemukan produk-produk itu. Misalnya, kebanyakan orang tidak akan mencari dan membeli piring kertas secara online – mereka biasanya membelinya di toko kelontong. Namun, jika mereka membutuhkan piring kertas khusus atau piring kertas hias untuk acara khusus, mereka kemungkinan akan memulai pencarian mereka secara online. Jadi, pastikan produk Anda memiliki karakteristik unik atau tidak memiliki ketersediaan luas di toko fisik.

3. Menentukan cara Anda mendapatkan produk tersebut

Setelah Anda menemukan peluang dan menganalisis ide produk Anda lebih lanjut, sekarang saatnya untuk menemukan bagaimana Anda mendapatkan produk tersebut. Anda dapat dengan membuatnya sendiri, membelinya secara grosir atau dengan dropshipping.

  • Menciptakan produk sendiri

Pada umumnya, pilihan ini tidak akan menjadi yang paling utama kecuali produk Anda ada di indsutri yang spesifik, seperti perhiasan, produk mandi, make-up atau pakaian. Namun, manfaat dari menciptakan produk Anda sendiri adalah Anda memiliki kontrol penuh atas produk Anda dan Anda dapat memasarkan produk Anda sebagai barang handmade, yang mana hal ini dapat menarik banyak konsumen.

  • Membeli produk secara grosir

Sebagai salah satu cara paling popular mendapatkan sebuah produk adalah dengan membelinya secara grosir. Dengan metode ini, Anda membeli langsung dari produsen, distributor atau merek yang pada gilirannya akan dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan. Manfaat membeli produk secara grosir adalah Anda membeli produk yang sudah akrab bagi konsumen, yang dapat memudahkan Anda untuk membentuk kepercayaan dan loyalitas bisnis. Anda juga akan mendapatkan diskon pada harga grosir dengan membeli dalam jumlah besar jika Anda dapat melakukannya.

  • Mengaplikasikan sistem dropshipping

Saat ini, dropshipping merupakan sebuah metode penjualan online yang paling cepat berkembang. Dropshipping memungkinkan Anda untuk hanya membeli produk grosir dari pemasok ketika pelanggan Anda memesan produk itu. Pemasok kemudian akan mengirimkan produk langsung ke pelanggan Anda. Metode ini populer karena tidak memerlukan investasi di awal untuk membeli produk. Metode ini juga memungkinkan Anda untuk memulai pemilihan produk dalam jumlah besar karena tidak ada biaya awal untuk inventaris Anda.

Itulah beberapa tips tentang cara memilih produk yang akan Anda jual secara online. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menemukan penjualan produk pertama Anda secara online melalui peluang, analisis, dan cara mendapatkan produk tersebut. Setelah Anda mempelajari beberapa tips ini, sekarang Anda siap untuk mulai menambahkan produk ke toko Anda dan mulai memasarkan bisnis Anda! Ingat, tidak ada satu pun produk “selalu laku” untuk dijual – sejumlah faktor berkontribusi untuk menemukan produk yang tepat untuk dijual secara online, dan beberapa hal tersebut akan terus berkembang setiap harinya.

Leave a Reply